Selasa, 02 April 2013

Sekilas tentang Affiliate Marketing

Apa itu Affiliate Marketing? Mungkin bagi sebagian orang pertanyaan itu cenderung klise, karena menurut Darren Rowse founder dari  ProBlo... thumbnail 1 summary

Apa itu Affiliate Marketing?

Mungkin bagi sebagian orang pertanyaan itu cenderung klise, karena menurut Darren Rowse founder dari ProBlogger Blog Tips dari hasil survey disitusnya menyatakan dari total orang yang mengikuti survey didapatkan :


29% pembaca rutin melakukannnya
24% pembaca sering melakukannnya
29% pembaca punya affiliasi tetapi tidak pernah di lakukan
6% pembaca pernah tetapi tidak lagi, Dan

14% tidak tau apa itu Affiliate Marketing


Hasil yang didapatkan cukup menarik, ternyata masih banyak yang belum tau apa itu Affiliate marketing. Dan disini saya coba share apa yang saya tau, membantu menjelaskan Apa itu Affiliate marketing secara sederhana.


Apa itu Affiliate Marketing?



Affiliate Merketing RuleMungkin penjelasan dari Affiliate marketing secara sederhana adalah cara mendapatkan uang dengan jalan memasarkan produk orang lain atau perusahaan lain sehingga kita mendapatkan komisi dari hasil penjualan yang kita bantu lakukan.

Sebenarnya ada beberapa macam bentuk Affiliate Marketing, yang paling sederhana dan banyak dilakukan adalah melalui dua cara:

  1. Kita sebagai Publisher hanya membantu mengarahkan pembeli, untuk mendapatkan produk yang ia inginkan dan apabila telah terjadi transaksi maka kita akan mendapatkan komisi. Dan
  2. Kita mereferensikan kepada orang lain untuk melakukan sesuatu, misal sign up ke situs tertentu, survey, semacam itu. Dan kita akan mendapat komisi dari sejumlah orang yang berhasil kita ajak melakukannya.

Biasanya komisi yang diberikan berupa persenan (%) meskipun kadang ada pula yang langsung menetapkan nominalnya.


Perhitungan orang yang dapat anda ajak untuk membeli produk barang maupun jasa biasanya dari link banner yang diberikan oleh penjual sehingga dari situ dapat dilacak melalui link siapa pembeli tersebut datang.


Kadang juga ada yang menggunakan kupon diskon berupa kode yang didapatkan dari website/blog anda dimana kode tersebut digunakan sebagai bukti pembeli tersebut dari Anda.


Dalam dunia Affiliate Marketing dikenal Adanya Istilah Publisher dan Advertiser

  • Advertiser cenderung lebih menyukai sistem affiliate marketing karena mereka hanya perlu membayar saat ada transaksi yang pembelinya diarahkan oleh publisher. Sedangkan,
  • Publisher cenderung menyukai affiliate marketing karena mereka biasanya mendapatkan komisi yang tinggi ditambah lagi dengan affiliate marketing. Publisher dapat memilih produk yang sesuai dengan niche website atau blognya.

Sementara ini begitu dulu sharingnya tentang basic Affiliate Marketing, 

semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar

Posting Komentar