Rabu, 03 April 2013

7 Cara Paling Efektif Menulis Tutorial atau "How To"

Menulis konten di blog gampang-gampang susah. Apalagi konten tentang "How to" atau konten tutorialdidalam blog. Tetapi konten ini... thumbnail 1 summary
7 cara mudah menulis TutorialMenulis konten di blog gampang-gampang susah. Apalagi konten tentang "How to" atau konten tutorialdidalam blog. Tetapi konten ini merupakan salah satu konten yang paling banyak dicari. Menurut Darren Rowse dalam artikelnya "7 Simple Steps to Writing Great ‘How To’Content on Your Blog" untuk menulis konten tutorial di blog antara lain :

1. Mulai dari Mengidentifikasi Masalahnya

Dengan mengidentifikasi masalahnya terlebih dahulu, maka kita akan lebih efektif dalam memberikan tutorial. Karena dari situ kita tau kondisi masalahnya.

2. Pecahkan Masalahnya

Setelah kita tau masalahnya dan sudah mengidentifikasi letak kelemahan atau kekurangannya saatnya di memecahkan masalahnya. Jadi, saat kita tau ada masalah, sebaiknya kita berfikir sesaat untuk mencari inti2 dari permasalahan tersebut kemudian untuk mengingatnya bisa kita tuliskan di selembar kertas atau catatan agar tidak lupa.
Hal ini akan sangat membantu kita menulis agar tetap terarah dan tidak keluar dari jalur permasalahan yang sudah kita identifikasi sebelumnya. Sehingga solusi yang kita berikan tepat sasaran.

3. Tips dalam menulisnya

Setelah tau permasalahannya kemudian cara memecahkan masalah tersebut, sekarang tinggal bagaimana menuliskannya. Tak ada salahnya jika kita menulis satu persatu dulu garis besar pemecahan masalahnya. Baru kemudian membahasnya satu persatu lebih mendetai dalam sebuah paragraf. Sehingga pikiran kita bisa fokus menjelaskan satu persatu garis besar permasalahan tersebut.
Kalau saya pribadi selain menjelaskan garis besarnya satu persatu, saya juga sambil membandingkan dengan literatur tulisan yang sudah ada sebelumnya. Jangan terlalu tergesa-gesa, karena terlalu tergesa-gesa dapat menyebabkan hasil tulisan kita kurang mendalam. Tak ada salahnya jika mulai sudah terasa suntuk bisa beistirahat dan melanjutkannya nanti setelah fikiran lebih fresh. 

4. Berikan sebuah review yang kritis

Dari pertanyaan-pertanyaan kritis sebuah masalah, maka kita pun akan terpacu menjawab dengan jawaban-jawaban yang kritis juga. 

5. Berikan sesuatu yg lebih mendalam

Biasanya bagian ini yang paling diharapkan. Solusi yang diberikan lebih mendalam sebaiknya disetai oleh gambar, tabel, ilustrasi, contoh, saran kita, dan referensi dari solusi pemecahan masalah yang kita berikan dan masih banyak lagi. 

6. Tampilan penyajian

Untuk membuat sebuah tutorial atau panduan yang baik hendaknyaknya format penulisannya yang mudah diikuti dibedakan mana itu heading, sub heading dan lain-lain. 

7. Kembali lagi di kaitkan ke Atas

Antara judul dan intro tulisan sebelum penjelasan harus menarik orang untuk membaca kelanjutannya sampai selesai. Introduction yang baik akan membawa pembaca terus mendalami tulisan tulisan yang anda buat.

Semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar

Posting Komentar